Sabtu, 17 September 2011

CERPEN : DITOLAK LAGI

 DITOLAK LAGI
Tengah hari bolong, saat pulang sekolah. Panas memanggang bumi, matahari bener-bener nggak mau diajak kompromi sampai-sampai awanpun nggak bisa menghalangi sinarnya.Uhh! gerah banget. Enaknya mandi disungai, atau berendam di bak mandi. Adem pastinya.
Ren  berdiri di parkiran toko photo copy depan gerbang sekolah. Sesekali matanya menatap ke arah jam tangannya. Makin siang!lewat tengah hari.
 Rambut panjangnya berderai tertiup angin.Kayak iklan shampoo di tivi.
Matahari siang dengan garang mencubit kulitnya yang putih. Nggak jauh beda ama cubitan Bu Nani waktu Ren lupa bikin PR kemarin.
Siang ini Ren emang lagi nunggu jemputan.Tadi pagi waktu sarapan, kak Heni janji untuk menjemputnya saat pulang sekolah.
Biasanya sih naik bis, atau diantar ama Wahab si cowok arab, tapi bukan berarti naik unta lho! walaupun naik bisnya bisa di hitung ama jari. Jarang banget! ya gitu deh, itung-itung hemat ongkos kan!
Tapi Hari ini beda, nggak naik bis atau diantar Wahab, cowok yang sempat deket ama dirinya.
“Aduh panas!” Ren mengeluh pelan
Gadis itu berusaha meluaskan pandangannya, dia mencari tempat yang agak teduh.
Nah, kebetulan! ada pohon asem yang rindang. Dengan tergesa ia melangkah kearah pohon itu untuk memanfaatkan kerindangannya, dia tak rela kalau tubuhnya terpanggang oleh sengatan matahari. Bisa gosong kan!
Ternyata diteduhnya pohon asem itu udah ada Makhluk lain, Gus yang sejak tadi juga udah ngetem duluan.
Cowok ini lagi nungguin Beno, celingak-celinguk memandang ke ujung jalan.
“Wei!...lagi ngeliat apaan sih?” Ren memukul pundak Gus.
Gus kaget,
“eh, ayam-ayam!!” Gus malah latah karena kaget.
“Eh, elu Ren!”
“Liat apaan?” Tanya Ren sambil ikutan menatap kearah pandangan Gus barusan, tapi dia nggak mendapatkan sesuatu yang menarik, yang ada hanya deretan tiang listrik, terus ada counter HP, pangkalan ojek, terus ada orang gila yang lagi sibuk ngitungin daun seolah-olah lagi ngitungin duit.
“Kenapa? Lo heran ada ama orang gila itu, namanya juga gila!” Ren nebak kalo Gus lagi ngeliat orang gila itu.
“Siapa juga yang mikirin orgil! Dia aja nggak punya pikiran!”
“Nah, terus lo ngeliat apaan?”
“lagi nunggui Ben, temen gua! dari tadi nggak nongol-nongol katanya mau ngisi bensin sebentar, tapi kok nggak balik-balik!” jawab Gus dengan nada agak kesel.
“O, maklum aja bensinkan susah, ngantri kali!... emang keabisan tadi?”
“Iya, tadi motornya ngambek, eh nggak taunya pas diperiksa bensinnya kering. Terpaksa didorong ke pangkalan minyak eceran di ujung jalan, lumayan jauh!” jelas Gus.
“O, gua kirain lo sengaja mau nemenin gua disini!”  Ren malah GR.
“Emang lo sudi gue temenin, gue kan serem!...” Jawab Gus sambil nyisir rambutnya dengan lima jari.
“Siapa bilang lo serem, lo bukannya serem tapi menakutkan! He..he..” canda Ren.
“Eh, lo lagi nungguin Wahab pacar lo kan?” Tanya Gus kemudian, soalnya dia tahu kalo Ren ini pacarnya Wahab yang lahir dipadang pasir itu.
“Nggak!, gua lagi nungguin kakak gua, tadi pagi  dia janji mau jemput gua…” jelas Ren.
“Nggak usah boong lo…”
“Bener! Ngapain gua ngibul! gua udah putus ama Wahab!”
“putus!”
“iya!”
“kenapa? “
“Soalnya dia kalo ngapel pakek unta..he…he, nggak deng! Nggak cocok lagi aja!”
“O, jadi beneran lo udah putus! gue tahu, pasti lo suka kelilipan kalo diapelin ama Wahab…”
“lo tahu aja, he…he soalnya dia kalo nyanyi pasti irama padang pasir…hik…hik!” canda Ren lagi.
“jadio beneran lo dah putus…?”
“Iya, gua udah putus! penasaran amat sih, emang kenapa kalo gua udah bener-bener putus? lo mau ngegantiin dia jadi pacar gua?” Ujar Ren bercanda, tapi kedengaran serius di telinga Gus.
Ren, emang begitu orangnya. Nggak kaku, ngomongnya juga nggak cewek banget, seadanya, kadang konyol juga, tapi yang jelas dia emang manis, dan kalo mau jujur Gus emang tertarik ama Ren, tapi semua itu hanya sebatas suka doang, karena dia nyadar kalo Ren nggak bakal mau ama dia. Tapi kali ini?
Udah lima menit keduanya berteduh dibawah pohon asem nan rindang itu, tapi yang mereka tunggu juga belum keliatan.
“Ren, sambil nungguin kakak lo, Gimana kalo gue traktir bakso di warung Bu Sar? Laper nih!” tawar Gus berharap Ren tidak menolak.
“Sumpah! Gua juga dah laper nih, Kakak gua lama banget ya? Eh, Beneran lo mau traktir gua,..” kata Ren.
“iya, yuk!”
“Ikhlas nggak?”
“Ikhlas dunia akhirat!”
“Beneran ya, ntar lo minta imbalan lagi…”
“bisa aja lo!”
 “Ya udah deh, sekalian nunggu jemputan,” jawab Ren datar.
Keduanya menuju Warung Depan sekolahan, tepatnya warung Bu Sar.
Warung udah sepi, hanya ada dua orang kayaknya anak kelas satu yang lagi pacaran. Keduanya mesan bakso, Bu Sar langsung sigap.
“Gua seneng baget Ren!”
“Seneng apanya? Makan bakso ama gua?”
“seumur-umur baru sekarang ada cewek yang mau gua ajak makan bareng!”
“Alah… segitunya, eh ngomong-ngomong temen lo tadi siapa namanya?”
“yang mana?”
“itu yang kata lo lagi ngisi bensin!”
“Oh, Beno! Temen sekelas gua baru tiga bulan, pindahan dari semarang!”
“oh, pantes gua nggak tahu”
Entah angin serius atau kesambet setan pohon asem tiba-tiba aja Gus pengen ngungkapin isi hatinya ke Ren. Mendadak banget. Untungnya sebelum niat yang luhur itu terelasasikan, tiba-tiba ada suara yang memanggil
“Guuuusss.... Cepetan! Gila lo gua capek-capek lo malah asyik makan bakso!” Pekik Ben dari motornya.
Gus seperti tersadar, tapi dia sempat ngucap syukur juga, soalnya kalo nggak dia bisa nambah catatan baru, ditolak cewek. He..he…
“ Elo sih, ditungguin dari tadi nggak nongol-nongol. Emang lo beli bensin dimana? di Irak!”
“Ayo, buruan!” pekik Ben.
“Mmmm...,Ren Besok-besok gua traktir lagi ya?” repet Gus  ke Ren.
“boleh…tiap hari juga gua mau lo traktir. Uhh… kayak banyak duit aja lo, ntar duit bayaran sekolah lagi lo pakek!” bales Ren.
“he…he..lo tahu aja. Gua duluan ya!”
“Oke, eh itu kakak gua juga dah dateng! Gua juga cabut…!”
Waktu Gus dibonceng Beno, keliatan jelas terlihat dimata cewek itu ada tatapan penuh makna!
“wah, kayaknya Ren ada feeling sama gua,” Gus malah menduga-duga.
“Sialan lo! Ditungguin lama banget! Dasar nggak bisa ngeliat orang seneng!” seru Gus dongkol.
“Enak aja lo ngomong! Janjinya kan deket pohon asem. Nah, lo malah nangkring di warung Bu Sar! Salah siapa sekarang?” balas Ben
“Oh iyaaaa.... maaf…maaf.”
“maaf-maaf! gua dah dari tadi disitu, gua kira lo di culik hantu pohon asem, gua dah nyembah-nyembah tadi minta lo di balikkin, eh lo malah ngobrol ama suster ngesot,”
“hus, sembarangan lo, cewek manis begitu…”
“suster ngesotkan juga manis…”
“Iya juga sih, ngsesot-ngesot dah!”
“he…he…!”
****
Besoknya, sepulang sekolah Gus nggak ketemu Ren, padahal dia berharap banget kalo Ren ada dibawah pohon asem, terserah mau nungguin kakaknya, atau mau nungguin tu pohon asem. Tadi sebenarnya waktu jam istirahat, Gus udah nyari, ke mana-mana nggak ketemu juga! Di lapangan nggak ada, di kantin nggak ada, di ruang kepsek nggak ada, di lapangan basket nggak ada juga.
Dengan langkah gontai Gus mulai keluar halaman sekolah. Di depan tukang es doger terlihat jelas seseorang dengan senyum yang mengembang di wajahnya melambaikan tangan sambil duduk di motor butut 70an.
“Buruan Gus! Udah laper nih!” pekiknya, ternyata Ben udah nunggu disitu.
“Ya..., ya!  Sabar kenapa!” jawab Gus sambil mempercepat langkah.
“Gua pengen ngajakl lo makan di tempat agak special hari ini, biar lo ngerasaain makan enak, mau nggak? “ tawar Ben.
“Beneran,…. ya mau dong!”
“kita ke kafee Ujok, oke!”
“Kafe Ujok yang di jalan Mawar”
Ben nggangguk, sambil menstarter motornya
“tumben lo hari ini baek banget!”
“Alah…emang selama ini gua selalu baek ama lo, lo aja yang nggak punya malu, dasar!”
“Begitukah!”
“uuh…muka tembok lo”
Sesampainya di Kafe Ujok, tiba-tiba Gus dikagetin dengan sosok makhluk manis. Ngesot kah? Jelas bukan. Dia adalah Ren! Reni Puspita Rini.
“Boleh gabung nggak? Gue tadi mau ke tempat les. Berhubung masih satu jam lagi, gue mampir aja ke sini,” cerocos Ren dengan senyum manisnya.
“boleh dong. Oya kenalin temen gue. Namanya Beno. Beno si anak ajaib! He..he” Jawab Gus sambil ngenalin Beno.
Beno, melotot dibilangin anak ajaib, apaan!
“Halo! Nama gue Beno. Nama lo Rena ya?” ujar Ben sambil nyalamin Ren.
“Kok  tau?” tanyanya heran.
“Iya lah kan ada lagunya, rena…rena…he…he” Sela Gus sambil cengegesan.
“Siapa juga yang nggak kenal cewek cakep kayak lo, lagian Gus rajin ngomongin lo. Nggak tau kenapa!” jelas Ben.
“Eh, benr Gus lo suka ngomongin gua, dosa lo suka ngomongin orang!” cercah Ren ke Gus.
“Aaah..., jangan didengerin!” Seru Gus sepet. Jadi pengen malu!
“Ngomong-ngomong, lo mau mesen apa?” Ben mencoba ngalihin pembicaraan.
 “boleh nih! gua pesen nasi goring aja deh, ama jus apel!” Jawab Ren polos, kebetulan pikirnya.
Gus malah mesen yang enak-enak, soalnya dia pegang ucapan Ben tadi katanya mau ngajakin Gus makan enak, kesempatan pikirnya. Tapi Ben malah keliatan bingung, dia kahawatir aja kalo duitnya nggak cukup. Soalnya nggak mungkinkan kalo dia nggak sekalian bayarin Ren, belum lagi Gus mesennya kelewatan lagi! Padahal dia nggak bawak banyak duit.
Setelah agak lama, 10 menitan gitu, akhirnya pesanan yang ditunggu-tunggu dateng juga. Gus dengan rakusnya mulai makan secara membabi buta. Ren dengan santai menikmati nasi goreng spesial. Sedangkan Ben? Segelas kopi susu tepat berada di hadapannya, kok?
“Ben, lo nggak makan?” tanya Ren
“sebenarnya gua kenyang, gua sengaja mau traktir Gus aja, kasihan nggak pernah makan di caffe!” jawab Ben sambil coba nginget jumlah duit didompetnya.
“Hus! Sembarangan lo, malu-maluin gua aja!” protes Gus
Dalam hati Ben ngumpat-ngumpat, sebenarnya dia laper juga, dari pada mesti nyuci piring gara-gara nggak bisa bayar mending dia ngalah nggak ikut makan. Cuma mesen kopi susu!
 “Minggu depan gue boleh main ke rumah lo nggak? Gue mau nanya soal-soal matematika, gua pengen belajar bareng ama lo, gimana?” repet Ren, tiba-tiba.
“Aha! Gue bilang juga apa?! Gue yakin banget nih cewek ada feeling ke gue. Buktinya pura-pura mau les, padahal sengaja mau nemuin gua. Dan yang paling penting, dia mau ke rumah gue!” Gus membatin girang plus salah tingkah dan salah kaprah.
“Gimana ya? Kalo nggak salah minggu depan gue ada pemotretan, terus diundang jadi pembicara, tapi demi lo, biar gue batalin semua…” gaya Gus, sok artis, dan sok kondang.
****
Minggu depannya.
Saat memenuhi permintaan Ren untuk belajar bareng tiba, Gus udah niat banget untuk menyatakan rasa cintanya yang udah kependam di hati selama ini, kesempatan nggak dateng dua kali pikirnya, makanya dia udah nyiapin diri sebaik mungkin, pakek mandi bunga tujuh rupa, pake baju paling bagus yang ia punya, dan yang paling penting harus wangi, sampai akhirnya saat yang ditunggu itu datang juga.
Setelah hampir empat jam menunggu dengan perasaan yang tidak karu-karuan, kadang pengen pipis, kadang pengen muntah, pengen nguap, bersin-bersin. Akhirnya datang juga!
“Naik apa ke sini?” tanya Gus dengan gaya yang amit-amit.
“Jalan kaki! He…he nggak lah, biasa ojek pribadi, kakak gua!” jelas Ren sambil ngeloyor ke ruang tamu, kayak udah biasa maen kerumahnya Gus. Gus sempat kaget juga.
“o, kirain naik unta!....” canda Gus
“He..he…”
“Gimana kalo kita mulai belajar sekarang?” tanya Gus sambil mengambil buku-buku dari kolong meja.
“Mmmm..., ngomong-ngomong temen lo ke mana? Kok nggak keliatan?” tanya Ren
“temen…! Yang mana temen gua banyak!
“Beno maksud gua…”
“Lagi bongkar motor di bengkel sebelah, bentar lagi juga balik.”
“Ya udah, belajarnya bentar lagi aja deh.”
“Sekarang aja!”
“Ntar aja nunggu temen lo balik, biar seru!” balas Ren sambil mendelik, bikin Gus gemes.
Kebetulan banget si pengganggu berhasil diusir dari rumah, Bokap bikin kandang ayam dibelakang, nyokap lagi ngerumpi sama ibu-ibu di rumahnya bu RT. Suasana udah mendukung banget dah! Tinggal berani apa kagak nembak nih cewek. Ahai!
“Ren, gue boleh ngomong sesuatu nggak?”
“ehm,. dari tadi emang duah ngomongkan” kata Ren sambil baca-baca Koran bekas, bekas bungkusan lagi he…he
“Ssse..., sebenernya dari dulu gua suka ama lo Ren, lo. ma..., mau nggak lo jadi cewek guu?” ujar Gus, penuh harap walaupun terbata-bata.
Suasana menjadi hening. Sepi!
 Ren belum ngomong apa-apa. Sedangkan Gus hanya bisa memandangi wajah Ren dengan seksama dan dalam waktu yang lama.
“Gimana ya, Gus? Gue tuh nggak nyangka banget kalo lo punya perasaan gitu ama gua.”
“justru yang nggak disangka itu, biasanya malah jadi tersangka! Eh maksud gua bisa menjadi nyata Ren! Gua tahu lo kesini karena lo juga pengen deket ama gua kan?” Gus malah ambil kesimpulan sendiri, jelas bikin kaget Ren, soalnya nggak begitu. Sungguh!
“Sebenernya gue tuh nggak ada rasa apa-apa sama lo. Gue ke sini mau ketemu sama temen lo” jawab Ren lancar dan menohok.
“Beno ? Jadi selama ini lo nggak suka sama gua?”
“Jangan marah ya, Gus? Gue sejak pertama ngeliat Beno udah suka. Sejak kita ketemu waktu kita makan bakso itu!”
“Tapi…”
“Sorry ya Gus, gua bukannya nggak suka ama lo, tapi gua lebih suka lo jadi temen gua aja, ya…!”
Gus tertegun dia nggak percaya kalo Ren nolak cintanya, bahkan dia nggak yakin banget kalo dirinya bakal menambah catatan hitam, ditolak lagi! Nasib-nasib!
“Tapi….”
“dari tadi lo tapi-tapi aja…. tapi apa? tapiku bundar!”
“itu topi!”
“Ben itu udah punya pacar,”
“jadi, Ben udah punya pacar!”
“iya”
“O, Boleh tahu namanya nggak!”
“Ryan…”
“Hah, Beno pacaran ama Ryan! Jadi dia G…” belum selesai dia mengucap kalimat, Ren pingsan! Bruk!! Untung jatuhnya disofa.
“ Eh, Ren lo kenapa!...aduh gimana nich…kok pingsan sih!”
“ Ren!...aduh…Beno itu pacaran ama Ryanti maksudnya…” Dia menjelaskan ke Ren yang jatuh pingsan, tergeletak dikursi tamu.
“Oh, Ryanti maksudnya…kirain!” tiba-tiba Ren nyahut dalam pingsannnya, terus pingsan lagi. Bruugkgh!
“Elo sih,… gua mau jadiin lo pacar gua, malah naksir ama Beno!” ujar Gus
“Iya deh, gua mau jadi pacar lo, tapi ada syaratnya” tiba-tiba ia nyahut lagi, tapi masih dalam keadaan pingsan juga.
“syarat apaan?”
“Lo ganti kessing dulu!”
“Alaahh…mana gua percaya, lo pingsan begitu….apa bedanya ama orang mabok!”
“Kalo gua nyadar mana mau gua terima lo!”
“Ya, udah kalo gitu lo pingsan aja terus!!!!!”
                                                                    ****


Tidak ada komentar:

Posting Komentar